Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Written By Admin on Wednesday, November 21, 2012 | 4:42 PM


Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat daun sirih merah bagi kesehatan memanglah banyak sekali, daun yang mempunyai nama latin Piper Crocatum merupakan tanaman yang hidup di pagar dan pohon, tanaman asli Indonesia ini selain bermanfaat juga bagus untuk di tanam di halaman rumah, karena daunnya yang indah di pandang mata, namun disini iberita tidak akan membahas keindahan daun sirih merah tapi lebih kepada manfaanya. Berikut manfaat daun sirih merah:

  • Daun sirih merah bisa di pakai untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.
  • Sebagai obat antiseptik untuk menghilangkan bau mulut dan keputihan. Eugenol bisa mengurangi rasa sakit, dan tanin mengatasi sakit perut.
  • Untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan ,seperti bau mulut,keputihan ,dan ambien.Kandungan Alkoloid pada tanaman daun sirih merah berfungsi sebagai antimikroba.


Kandungan yang ada dalam daun sirih merah ini sangat banyak yaitu seperti berikut: Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. 

Selain itu juga mengandung minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, terpenena, dan fenil propada.Karvakrol bersifat desinfektan, antijamur, sehingga dengan adanya kandungan tersebut, daun sirih merah sangat bermanfaat dan bisa menyembuhkan penyakit.

Related Posts :