Cara Menghadapi Anak Yang Cengeng

Written By Admin on Saturday, November 10, 2012 | 3:10 AM


Cara Menghadapi Anak Yang Cengeng

Cara Menghadapi Anak Yang Cengeng - Perasaan marah, malu atau sedih yaitu sisi dari emosi yang normal pada saat kanak-kanak. Namun sebagai Orang Tua, anda butuh tahu langkah meredakan emosi anak yang meluap-luap supaya anak tidak tumbuh jadi orang yang kasar, manja, atau cengeng. 

Anak yang terlampau peka dapat merespons rasa sedih, marah, kecewa serta malu dengan menangis. 

Seperti yang telah dikutip dari sheknows, kamis ( 8/11/2012 ), Berikut ini adalah 4 kiat untuk Menghadapi Anak Yang Cengeng

1. Janganlah berasumsi tangisan anak sebagai satu kesalahan 
Sebagian anak yang lebih peka terkadang mengekspresikan perasaannya tersebut dengan menangis. tangisan anak tidaklah satu kekeliruan besar, hingga anda mesti menghadapinya dengan tenang. 

Saat anak menangis, janganlah memarahi anak serta memaksanya untuk diam. perihal ini umumnya berlangsung waktu anda mengajak anak menghadiri satu acara, umumnya Orang Tua jadi malu bila anaknya menangis berteriak sampai jadi perhatian beberapa orang. 

Yang butuh anda kerjakan yaitu mengajak anak ke area yang lebih safe untuk menenangkan diri, bertanya pemicu kenapa dirinya menangis serta hindari kalimat kasar layaknya pura-pura mengancam dapat meninggalkan anak di area tersebut bila tidak berhenti menangis. 

2. Bantu anak supaya jadi aman 
Perasaan anak yang terlampau peka juga bisa diperlihatkan dengan ketakutan yang terlalu berlebih. Yang butuh anda kerjakan yaitu memberikan area serta waktu pada anak supaya punya kebiasaan dengan aktivitas baru yang barangkali membuatnya kuatir atau ketakutan. 

Menurut beberapa psikolog, anak yang terlampau peka cuma butuh jadi safe serta memerlukan dukungan dari Orang Tua supaya bisa lebih yakin diri, hingga dapat mengetahui kekuatannya sendiri didalam berperang melawan rasa takut. 

Jauhi menakut-nakuti anak pada satu perihal layaknya ada monster yang dapat nampak pada sedang malam bila anak tidak segera tidur. Barangkali tujuan anda baik, yakni mendisiplinkan anak supaya tidur pada saat yang sama tiap-tiap harinya, namun langkah yang anda pakai salah. 

3. Pelajari kiat spesial untuk menangani kemarahan anak 
Meredakan kemarahan anak sesungguhnya bukan hanya satu perihal yang sukar, cukup berikan apa yang di idamkan oleh anak. namun perihal ini cuma berlaku pada satu waktu saja serta anak dapat tumbuh jadi pribadi yang manja bila seluruh keinginannya terpenuhi dengan gampang. 

Coba pelajari kiat terapi untuk mengendalikan emosi anak, contohnya dengan permainan berhitung atau melempar bola. Langkah ini bisa melatih kesabaran anak hingga anak lebih gampang mengendalikan kemarahannya serta tidak gampang menangis. 

4. Menghendaki pertolongan psikolog anak 
bila anak kerap sekali marah, jadi kuatir atau depresi yang melebihi sensitivitas alaminya serta tidak bisa anda tangani dengan ketiga cara itu diatas, janganlah mengabaikannya. perihal ini barangkali adalah sinyal tanda problem serius pada situasi psikologi anak. 

Cermati bagaimana tingkah laku anak saat ada di tempat tinggal atau saat bermain dengan teman-teman seumurannya, bila anak terus-terusan mengembangkan sikap gampang marah, anda butuh menjumpai psikolog anak atau dokter yang pakar di bidang kesehatan mental.  Semoga informasi tentan Cara Menghadapi Anak Yang Cengeng ini bermanfaat.

Related Posts :